May 12, 2012

Menristek Resmikan Empat Laboratoritum di Universitas Hasanuddin

Dalam kunjungannya ke Makassar untuk menghadiri Rapat Koordinasi SDM dan Iptek Koridor IV Sulawesi pada hari Jumat, 11 Mei 2012, Menteri Negara Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta menyempatkan diri berkunjung ke Universitas Hasanuddin (UNHAS) untuk meninjau dan meresmikan empat fasilitas laboratorium baru di UNHAS. Laboratorium yang pertama diresmikan oleh Menristek pada kesempatan tersebut adalah Laboratorium Bayi Tabung “Hasanuddin Fertility Center” di Rumah Sakit Pendidikan UNHAS yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menristek.

Fasilitas Bayi Tabung tersebut merupakan yang pertama di Kawasan Timur Indonesia, menyusul enam belas fasilitas lainnya yang sudah beroperasi di daerah Jawa, Bali dan Sumatera.  Menurut Rektor UNHAS, Idrus Paturusi, yang mendampingi Menristek, fasilitas ini tidak hanya menarik minat masyarakat di kota Makassar dan Provinsi Sulawesi Selatan saja, namun banyak pasien dari luar daerah seperti Kalimantan yang datang berkunjung ke laboratorium bayi tabung ini. Menristek sendiri memberikan apresiasi atas kemajuan UNHAS dalam membangun infrastruktur yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Kemajuan UNHAS sangat luar biasa dan menjadi contoh yang baik bagi perguruan tinggi yang lain”, ujar Menristek.

Menristek pada kunjungannya tersebut juga meresmikan Laboratorium Bio Molekuler di RS Pendidikan UNHAS, Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Sains di Fakultas MIPA UNHAS dan Laboratorium Bioteknologi Terpadu di Fakultas Peternakan UNHAS. Menristek menutup kunjungan ke UNHAS dengan memberikan kuliah umum di depan civitas akademika UNHAS dan menanam pohon eboni di halaman Gedung Program Pascasarjana UNHAS. Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Kepala BPPT,  Marzan Aziz Iskandar;  Kepala BATAN, Hudi Hastowo; Staf Ahli Menteri Bidang Pangan dan Pertanian, Masrizal; Staf Ahli Menteri Bidang Energi dan Material Maju, Agus Rusyana Hoetman; dan Staf Ahli Menristek Bidang Pertahanan dan Keamanan, Hari Purwanto. (munawir)
Location: Makassar City, Makassar City, South Sulawesi, Indonesia

0 comments: