July 5, 2012

Menegristek Perkenalkan Mobil Listrik ke Fajar Group

Di sela-sela kunjungan kerjanya ke Makassar, Menristek Gusti Muhammad Hatta berkunjung ke Fajar Media Group di Gedung Graha Pena Makassar, Kamis 5 Juli 2012. Pada kunjungannya tersebut, Menegristek mempresentasikan profil Mobil Listrik yang dibuat oleh para peneliti dari Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika, (Telimek) LIPI.

Menegristek menjelaskan bahwa penelitian mobil listrik di Indonesia telah dimulai sejak 15 tahun silam. Pada tahun 2018 nanti diharapkan produksi mobil listrik nasional secara massal sudah terwujud. Menurut Menristek, saat ini pengembangan mobil listrik lebih cepat dari yang diharapkan. “Peneliti dari LIPI sudah berhasil membuat prototipe mobil listrik bentuk bus, padahal dalam roadmap pengembangan mobil listrik, prototipe dijadwalkan selesai pada tahun depan”, ujar Menristek.

Menegristek berharap, mobil listrik ini nantinya akan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil, karena sumber tenaga listrik dapat dihasilkan dari berbagai energi terbarukan seperti tenaga surya, angin, bahkan arus laut. Selain itu mobil listrik ini juga terbukti ramah lingkungan dan lebih efisien. “Biaya operasional dan perawatan mobil listrik bisa menghembat biaya 50 hingga 70 persen”, papar Menristek.          

Dalam kunjungannya ke Fajar Media Group, Menegristek disambut oleh Direktur Utama Harian FAJAR, H Syamsu Nur beserta jajaran direksi FAJAR Group. Selain memperkenalkan mobil listrik, dalam kunjungannya ke FAJAR Group tersebut Menristek juga menjadi narasumber dialog tentang Rakornas Litbang Pemerintahan Dalam Negeri yang disiarkan secara live oleh Fajar TV.  (munawir)
Location: Makassar City, Makassar City, South Sulawesi, Indonesia

0 comments: