April 18, 2013

Penyusunan Agenda Aksi Menuju RB70

Ada tiga hal positif dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kementerian Riset dan Teknologi. Yang pertama adalah telah diterapkannya Sistem Penilaian Kinerja Individu Kementerian Ristek yang dikenal dengan nama SiPekik. Yang kedua adalah telah diterapkannya sistem penilaian mandiri (self assessment) oleh Kementerian Ristek,  dan yang ketiga adalah adanya Rencana Aksi Reformasi Birokrasi di unit kerja tingkat Eselon I.

Hal tersebut disampaikan Mennegristek, Gusti Muhammad Hatta, saat membuka Rapat Koordinasi Reformasi Birokrasi (Rakor RB) Tahun 2013 yang diselenggarakan di Auditorium Graha Widya Bakti Puspiptek Serpong, pada Kamis, 18 April 2013. Rakor RB yang  mengambil tema “Menuju Ristek Berkinerja Tinggi, akuntabel dan berintegritas” tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat eselon I hingga IV di lingkungan Kementerian Ristek.

Lebih lanjut Mennegristek berpesan kepada peserta Rakor untuk terus melakukan evaluasi internal secara objektif pada pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kementerian Ristek, agar hasil evaluasi tersebut selaras dengan penilaian yang dilakukan oleh pihak eksternal. Mennegristek berharap agar komitmen masing-masing individu di Kementerian Ristek tetap dijaga dalam menjalankan program Reformasi Birokrasi. ”Intinya adalah komitmen kita dari dalam diri masing-masing. Mari kita sama-sama berjuang agar target pelaksanaan 70 persen Reformasi Birokrasi dapat tercapai tahun ini”, ujar Mennegristek.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian Riset dan Teknologi, Mulyanto melaporkan bahwa penyelenggaraan Rakor RB dirancang untuk menindaklanjuti Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) yang telah dilaporkan kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang saat ini telah mencapai nilai 68 persen. Dari hasil penilaian tersebut, dilakukan pemetaan terhadap kriteria penilaian yang masih perlu ditingkatkan melalui penyusunan agenda aksi di masing-masing unit kerja tingkat Eselon I. “Bila agenda aksi tersebut dilaksanakan dengan baik, maka nilai 68 persen dapat ditingkatkan. Melihat semangat kita semua, saya yakin pencapaian kita lebih dari target 70 persen yang kita tetapkan tahun ini”, ujar Mulyanto.

Rakor RB ini akan diselenggarakan selama dua hari, dalam bentuk sidan pleno dan siding komisi.Pada sidang pleno akan dipaparkan dan didiskusikan hasil penilaian PMPRB tingkat Kementerian maupun tiap unit kerja. Sedangkan Sidang komisi akan dilakukan secara paralel untuk membahas topik-topik spesifik di setiap unit kerja Eselon I dan menyusun agenda aksi RB 2013. (munawir)
Location: Jakarta, Special Capital Region of Jakarta, Indonesia

0 comments: