January 27, 2014

Baksos DWP Kementerian Ristek di Kelurahan Rawa Buaya

Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Darma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Ristek menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) di Posko Pengungsi Banjir yang terletak di RW 1, Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat pada hari Senin, 27 Januari 2013. Menurut Pembina DWP Kementerian Ristek, Violet Gusti M. Hatta, kegiatan Baksos ini merupakan program kerja DWP yang sifatnya terencana, namun khusus kegiatan di Rawabuaya ini sifatnya insidentil karena bencana banjir yang melanda Jakarta beberapa pekan ini. Wakil Lurah Rawa Buaya yang menyambut rombongan DWP Kementerian Ristek, Ibu Diah menyampaikan bahwa para pengungsi sudah 14 hari menempati posko pengungsian ini.
 
Dihadapan ratusan pengungsi banjir yang didominasi ibu-ibu rumah tangga dan anak-anak, Ibu Violet berpesan agar masyarakat selalu waspada akan musibah banjir yang biasa menyerang kapan saja. Wilayah Rawa Buaya memang sering menjadi langganan banjir yang siklusnya 5 tahun sekali, namun kini tiap tahun wilayah ini dilanda banjir karena anomali cuaca. Ibu Violet juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan agar hal-hal yang bisa menyebabkan banjir bisa dikurangi. “Setelah bencana banjir usai, berbagai macam penyakit bisa muncul seperti diare dan ISPA, oleh karena itu ibu-ibu yang membersihkan rumah setelah banjir agar menggunakan cairan disinfektan, dan apabila ada anggota keluarga yang terserang penyakit agar segera dibawa ke puskesmas terdekat,” ujar Ibu Violet.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan bantuan secara simbolis dari Ibu Violet mewakili DWP Kementerian Ristek kepada masyarakat Rawa Buaya yang diwakili oleh Bapak Ali Maulana Kamil, Wakil Camat Cengkareng. Bantuan tersebut berupa sembako seperti beras, telur, mie instan, dan susu hingga barang-barang yang dibutuhkan oleh para pengungsi seperti pakaian, sabun mandi dan cairan disinfektan. DWP Kementerian Ristek juga memberikan bingkisan kepada 25 orang relawan yang membantu para pengungsi selama banjir. Selain memberikan bantuan berupa barang, DWP Kementerian Ristek juga menghibur anak-anak korban banjir dengan menampilkan pembacaan dongeng oleh Kak Iman Surahman. (munawir)
Location: Cengkareng, West Jakarta City, Special Capital Region of Jakarta, Indonesia

0 comments: