February 16, 2015

PT Honda Donasikan Mobil untuk Riset dan Edukasi

PT Honda Prospect Motor mendonasikan satu unit Honda City CNG kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di kawasan Puspitek, Serpong pada hari Senin, 16 Februari 2015. Unit Honda City CNG tersebut akan digunakan sebagai unit riset untuk edukasi dan pengembangan teknologi energi bahan bakar alternatif, khususnya gas di Indonesia.

Acara yang merupakan bagian dari program “Honda for Indonesia” ini dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Republik Indonesia, Mohamad Nasir. Dalam sambutannya Menristekdikti menyambut baik penyerahan mobil CNG ini. “CNG bisa menjadi pilihan untuk bahan bakar alternatif. Saya berharap, hibah kendaraan bermotor berbahan bakar gas ini dapat membantu pemerintah dalam mengedukasi dan mensosialisasikan penggunaan CNG pada masyarakat luas,” ujar M. Nasir

Menurut Menristekdikti, dengan didonasikannya Honda City CNG ke BPPT sebagai unit riset, ada beberapa hal yang perlu dikaji oleh BPPT, diantaranya seberapa ramah sedan CNG ini terhadap lingkungan dan seberapa tangguh melakukan perjalanan di Indonesia. Selain itu perlu juga dikaji apakah harganya kompetitif di pasar Indonesia. “Kalau harga tidak kompetitif, meskipun teknologinya bagus dan kendaraannya ramah lingkungan, masyarakat tidak akan beli,” ujar M. Nasir.

Sementara itu Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Honda City CNG merupakan sebuah terobosan dalam teknologi otomotif yang cocok untuk diterapkan dalam waktu mendatang, dengan kombinasi antara efisiensi bahan bakar serta emisi yang bersahabat dengan lingkungan. Kami berharap Honda City CNG ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk dipelajari, sebagai salah satu kendaraan dengan energi bahan bakar alternatif yang sesuai untuk dapat diterapkan ke depannya”.

Honda City CNG pertama kali diperkenalkan di Thailand pada tahun 2012. Honda City CNG merupakan terbosan baru untuk sebuah mobil jenis sedan subcompact. Honda City CNG menggabungkan dua konsep pengembangan yaitu “New Value of CNG” dan “Exceed Proud Sedan”.

Honda City CNG menggunakan mesin 1.5 liter i-VTEC SOHC empat silinder yang mempunyai dua buah sumber tenaga, yaitu mesin bertenaga bensin (konvensional) dan CNG. Honda City CNG mempunyai penambahan perangkat pada mesin berupa tanki gas berkapasitas 42 liter yang terdapat pada bagasi mobil. Honda City CNG sudah memenuhi standar emisi EURO 4 dan saat ini hanya dijual untuk Pasar Thailand. (munawir)
Location: Serpong, South Tangerang City, Banten, Indonesia

0 comments: