January 21, 2017

Pengalaman Mengurus STNK Baru di Kantor Samsat BSD

Selama ini pengurusan BPKB dan STNK saya percayakan kepada mas Juli, rekan di Gedung BPPT. Seharusnya perpanjangan STNK mobil saya hari ini juga diurus oleh Mas Juli,  namun karena dia sedang tugas keluar kota,  dia menyarankan saya untuk mengurus sendiri perpanjangan STNK saya di Kantor Samsat BSD. Dia berpesan untuk mempersiapkan BPKB,  STNK,  dan KTP asli berikut copynya. Karena hari ini adalah deadlinenya,  mau tidak mau saya pun mengurusnya sendiri. 

Tiba di halaman Kantor Samsat BSD,  saya langsung memfoto kopi KTP,  STNK dan BPKB, biaya yg dipatok untuk fotokopinya lima ribu rupiah.  Saya lalu menuju teras kantor Samsat BSD untuk pengambilan nomer antrian.  Karena plat nomer saya sudah 5 tahun,  petugas meminta saya terlebih dahulu ke Loket Cek Fisik yang ada di bagian belakang kantor Samsat, untuk mengambil sticker cek fisik.  Setelah itu ada petugas yang meminta saya membuka kap mesin mobil untuk mengecek nomer mesin dan nomer rangkanya. Saya kemudian kembali ke Loket Cek Fisik, disana berkas saya dicek lagi,  kemudian petugasnya meminta saya membawa berkas ke Loket Arsip yang terletak di sebelahnya.  Di Loket Arsip,  berkas saya diverifikasi dan ditandatangani oleh petugas yang kemudian meminta saya untuk kembali ke Loket Pengambilan Nomer Antrian.  Proses di kedua loket ini memakan waktu sekitar 15 menit. Agak lama karena petugas cek fisik sempat kewalahan mencari nomer mesin mobil saya yang letaknya tersembunyi.

Di loket pengambilan nomer,  petugas mengarahkan saya masuk ke Loket 1. Petugas di loket 1 mengambil seluruh berkas,  kecuali BPKB asli dan meminta saya duduk menunggu panggilan ke loket pembayaran. Sekitar 30 menit menunggu saya dipanggil ke loket pembayaran dan membayar biaya PKB,  SWDKLLJ,  bea adm STNK dan bea adm TNKB. Di loket 1 memang ada pengumuman bahwa standar waktu pelayanan perpanjangan STNK maksimal 90 menit. 

Setelah melakukan pembayaran,  petugas di loket pembayaran meminta saya duduk kembali menunggu dipanggil oleh petugas di loket sebelah,  yaitu loket pengesahan dan penyerahan.  di loket ini ada pengumuman bahwa standar waktu pelayanan pengesahan STNK maksimal 40 menit. Namun kurang dari 30 menit saya sudah dipanggil ke loket untuk penyerahan STNK baru. Oleh petugas, saya diminta menuju loket Pengambilan Plat Nomor yang ada di belakang kantor Samsat BSD, persis di samping loket Arsip. Di loket ini ada informasi bahwa maksimal plat nomor siap diambil dalam waktu 20 menit, dan terbukti dalam 8 menit plat nomor mobil saya sudah siap.

Alhamdulillah,  akhirnya selesai juga mengurus STNK. Pengalaman baru bagi saya bisa mengurus sendiri STNK di Samsat BSD.  Secara keseluruhan pelayanan yang diberikan sudah baik,  petugas cukup ramah dan informatif,  serta standar waktu pelayanan yang transparan. Memang belum ada maklumat Pelayanan yang terpasang di ruangan Samsat BSD ini,  namun saya sebagai warga Tangsel cukup puas dengan pelayanan yang diberikan. 

Selama mengurus STNK hari ini,  saya tidak melihat ada calo yang berkeliaran. Memang di berbagai sudut kantor Samsat BSD, banyak spanduk yang menghimbau agar warga menghindari calo dan mengurus sendiri karena prosesnya cukup mudah. Saya sarankan agar jangan malas mengurus sendiri, kalaupun berhalangan di hari kerja seperti saya,  kita bisa mengurus STNK di hari Sabtu,  karena kantor Samsat BSD hari Sabtu ini sampai dengan pukul 10.30. Total waktu yang saya butuhkan untuk pengurusan STNK baru ini kurang dari 2 jam.

Yang menarik, di dekat loket cek fisik ada spanduk yang menghimbau kita untuk tidak memberikan uang tip kepada petugas Samsat. Jadi tidak perlu khawatir ada pungli ya,  karena memberi tip saja sudah dilarang.

0 comments: