August 4, 2010

Tarhib Ramadhan 1431 H

Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan tahun 1431 Hijriah,  Kementerian Riset dan Teknologi menyelenggarakan Tarhib Ramadhan pada hari Selasa, 3 Agustus 2010 di Auditorium Gedung II BPPT. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat dan staf di lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Riset dan Teknologi, Suharna Surapranata berpesan kepada para hadirin untuk menyambut bulan Suci Ramadhan dengan mempersiapkan diri pada tiga aspek, yaitu aspek ruhiyah, fikriyah dan jasadiyah. “Secara ruhiyah, kita perlu banyak berzikir dan membaca kitb suci Al-Quran. Secara Fikriyah, kita menyiapkan amalan-amalan yang akan kita lakukan di Bulan Ramadhan. Dan secara jasadiyah, kita mempersiapkan kondisi fisik kita dengan menjaga kesehatan” ujar Suharna.

Suharna menambahkan, Bulan Suci Ramadhan adalah momen yang tepat untuk merenungi kembali tugas pokok dan fungsi kita sebagai manusia. Tujuan dari ibadah puasa adalah meningkatkan ketakwaan sehingga tercipta moral dan akhlak yang baik. “Profesionalisme dan kompetensi tidak ada gunanya apabila kita tidak memiliki moralitas. Sinergi antara profesionalisme dan moralitas adalah karakter ideal yang diperlukan dalam membangun bangsa Indonesia” jelas Suharna.

Tampil sebagai penceramah pada acara ini, Ustaz Adi Junjunan Mustafa, peneliti dari Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional yang aktif berdakwah melalui Lembaga Dakwah Khairu Ummah Bogor.  Ustaz Adi mengangkat topik “Memaknai Ketakwaan sebagai Tujuan Shaum Ramadhan”. (munawir)
Location: Jakarta, Special Capital Region of Jakarta, Indonesia

0 comments: