Target Hidup Yang Tercapai

td subuh saya menemukan catatan yang pernah saya buat ketika masih SMA, sekitar 25 tahun lalu. isinya daftar rencana berikut target tahunnya. rencana tersebut ada yang tercapai sesuai target, beberapa bahkan tercapai lebih awal, namun ada juga yang tertunda bahkan belum tercapai. 

rencana yang tercapai sesuai target adalah lulus UMPTN di 2001, walau lulusnya di pilihan kedua (prodi Hubungan Internasional UNHAS) dan gagal masuk di prodi Kedokteran, mungkin karena rencana menguasai MIPA di tahun 2000 juga gagal.. wkwkwk..

yang tercapai lebih awal adalah lulus S1, bekerja, menikah dan punya anak. Alhamdulillah bisa lulus 3,5 tahun dan wisuda di Maret 2005. Bekerja juga mulai di tahun 2005 dan menikah di tahun 2007. Setahun kemudian, saya sudah dikaruniai putra sebelum usia saya 25 tahun.

Yang tertunda adalah kuliah S2, rencana awal langsung kuliah setelah lulus S1, namun ternyata baru terlaksana di tahun 2011. walau sebenarnya di tahun 2009 sudah diterima di program magister Perencanaan UI namun karena tidak dapat beasiswa akhirnya baru 2 tahun kemudian mulai kuliah di Magister Administrasi UI.

Yang belum terlaksana adalah mimpi untuk tinggal di luar negeri. sebenarnya pernah pengen kuliah S3 di luar negeri, biar bisa punya pengalaman tinggal lama di  negara lain. waktu SMA pernah kepikiran kuliah di Mesir. Waktu menunggu pengumuman UPMTN, saya pernah juga ikut kursus bahasa jepang yang katanya setelah kursus langsung dikirim kerja ke Jepang. Allhamdulillah kalau cuman short visit, udah diberi rezeki berkunjung ke 15 negara, tapi saya maunya tinggal yang lama, yang hitungan tahun.

Sampai sekarang impian yang belum terlaksana itu masih tetap tersimpan di hati, mudah-mudahan nanti bisa terwujud. mungkin nanti kalau sudah pensiun dan panjang umur, bisa diajak salah satu anak saya tinggal di luar negeri.. aamiin... hehehe...



0 Komentar