Tahun Akademik Baru Pendidikan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19

Saya membuat transkrip pernyataan mas Mendikbud, Nadiem Makarim, khusus yang terkait PENDIDIKAN TINGGI pada acara Jumpa Pers: PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN TAHUN AJARAN & AKADEMIK BARU DI MASA PANDEMI COVID-19, yang dilaksanakan secara daring pada hari Senin, 15 Juni 2020, pukul 16:30 WIB.  

Transkripnya sebagai berikut: 

Tahun akademik Pendidikan Tinggi tetap dimulai bulan Agustus 2020. tetapi pembelajaran di perguruan tinggi di semua zona (merah, kuning, hijau) masih dilakukan secara daring, jadi masih online, belum belajar tatap muka, belum masuk.

Dan alasannya adalah, universitas juga punya potensi mengadopsi belajar jarak jauh lebih mudah daripada pendidikan menengah dan dasar. Jadinya untuk saat ini, karena keselamatan adalah yang nomor satu, saat ini semua perguruan tinggi masih melakukan secara online, sampai kalau kedepannya mungkin kebijakannya berubah tapi untuk saat ini belum berubah. Jadi masih melakukan secara daring. Itu adalah keputusan dari Kemendikbud saat ini.

Tapi, ada yang namanya Aktivitas Prioritas. Aktivitas prioritas itu adalah aktivitas yang sangat berhubungan dengan kelulusannya mahasiswa, yang sulit sekali dilakukan secara daring. Contoh, penelitian di laboratoium untuk skripsi, tesis dan disertasi. Biasanya ini adalah small-group ataupun project-project individu. Dan seperti tugas laboratorium, praktikum, studio, bengkel dan hal-hal seperti ini yang butuh mesin, butuh peralatan dan lain-lain. Kalau ini aktivitas prioritas yang berdampak kepada kelulusan mahasiswa, masing-masing pemimpin Perguruan Tinggi diperbolehkan untuk mengizinkan aktivitas mahasiswa datang ke kampus hanya untuk aktivitas prioritas itu yang berhubungan dengan kelulusannya.

Kenapa kita perbolehkan ini, karena kita tidak ingin mengorbankan potensi daripada setiap mahasiswa untuk lulus pada saat ini, karena itu akan menciptakan berbagai macam masalah lainnya. Tetapi pembelajaran masih dilakukan secara online, jadi masih tidak diperkenankan untuk melakukan kuliah tatap muka. Tidak diperkenankan berbondong-bondong untuk mahasiswa masuk ke dalam kampus, cuman buat individual project mereka yang khusus prioritas untuk kelulusannya.


0 Comments